Tugas V-Class Pertama PPSI (Open Source)

SOAL : Kenapa anda dianjurkan menggunakan software open source dalam membuat aplikasi ? Buatlah keuntungan dan kerugiannya dalam blog anda sebagai tulisan bila anda submid ke studentsite. Minimal 4 paragraf. Tulislah sumber yang anda pakai.

 

JAWAB :

Tugas pertama membuat tulisan ini mengenai mata kuliah Proyek Pengelolaan Sistem Informasi, dengan materi yang diberikan adalah “Kenapa anda dianjurkan menggunakan software open source dalam membuat aplikasi ? Buatlah keuntungan dan kerugiannya”. Disini saya coba berbagi pengalaman apa yang saya pernah pakai mengenai open source.

 

Perangkat lunak sumber terbuka (Inggris: open source software) adalah jenis perangkat lunak yang kode sumber-nya terbuka untuk dipelajari, diubah, ditingkatkan dan disebarluaskan. Karena sifat ini, umumnya pengembangannya dilakukan oleh satu paguyuban terbuka yang bertujuan mengembangkan perangkat lunak bersangkutan. Anggota-anggota paguyuban itu seringkali sukarela tapi bisa juga pegawai suatu perusahaan yang dibayar untuk membantu pengembangan perangkat lunak itu. Produk perangkat lunak yang dihasilkan ini biasanya bersifat bebas dengan tetap menganut kaidah dan etika tertentu.Semua perangkat lunak bebas adalah perangkat lunak sumber terbuka, tapi sebaliknya perangkat lunak sumber terbuka belum tentu perangkat lunak bebas, tergantung kaidah yang dipakai dalam melisensikan perangkat lunak sumber terbuka tersebut. (wikipedia)

 

Dalam keseharian menggunakan komputer, memang tidak bisa lepas dari program atau aplikasi software. Baik itu yang berbayar atau open source, mulai dari mengerjakan tugas yang ringan hingga tugas yang lumayan tingkatannya. Untuk itu dibutuhkanlah software yang dapat membantu kita dalam menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

 

Software open source merupakan software yang memiliki lisensi terbuka, yakni boleh dipakai siapa saja tanpa kendala pembayaran kepada pihak aplikasi, dan semua pihak yang menggunakan aplikasi open source bisa dengan mudah menggunakannya, mulai dari mempelajari, mengubah, mengembangkan kode sumber yang ada secara bebas tetapi tetap mengikuti aturan yang berlaku.

 

Mungkin salah salah open source yang terkenal yakni Notepad++, aplikasi tersebut sangat membantu para programmer untuk mengetik kode bahasa pemrograman apapun, mulai HTML, PHP, CSS, dan lain sebagainya. Dengan segala kelengkapannya, diharapkan aplikasi open source bisa digunakan oleh seluruh pengguna.

 

Keuntungan dan Kerugian

Keuntungan menurut saya :

  1. Pastinya saat diinstal tidak membutuhkan kode untuk menginstal software tersebut
  2. Bisa berkontribusi untuk mengembangkan aplikasi open source
  3. Tidak ada tanggal kadaluarsa
  4. Mudah penginstalan
  5. Bisa mempelajari software open source yang baru

 

Kerugian menurut saya :

  1. Harus beradaptasi dengan yang baru (open source), semisal kita sudah terbiasa dengan yang berbayar atau yang lebih dikenal
  2. Mungkin agak berbeda dengan yang orang lain pakai

 

Kesimpulan

Baik itu open source atau bukan memang sama-sama aplikasi perangkat lunak tetapi untuk keperluan yang baik gunakanlah open source karena dengan open source kita dengan bebas menggunakan aplikasi tersebut dengan fitur-fitur yang tak kalah dengan berbayar. Dan bisa turut membantu untuk mengembangkan aplikasi open source jika kita paham kode bahasa pemrogramannya.

 

Demikian tulisan pertama vclass Proyek Pengelolaan Sistem Informasi, terima kasih.

 

Referensi

http://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_lunak_sumber_terbuka

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s