Halo-halo Pakai Ponsel ‘Segede Gaban’, Apa Nyaman? (Tulisan 17)

Kasus :

Jakarta – Smartphone monster! Demikian headline International Business Times yang menyoroti kehadiran Samsung Galaxy W.

Ya, Galaxy W bisa dibilang sebagai ponsel anti mainstream. Hal ini merujuk pada ukurannya yang mencapai 7 inch. Terbilang super jumbo untuk ukuran sebuah perangkat halo-halo.

Pasti banyak yang bertanya-tanya tentang perangkat ini. “Apa bakal nyaman digunakan untuk menelpon?” “Perbedaannya apa dengan tablet atau phablet?”. Kira-kira seperti itu pertanyaan yang ada di kepala pengguna.

Toh, pada kenyataannya, Samsung telah resmi merilis Galaxy W dengan lebar layar 7 inch. Samsung memang belum memberi komentar terkait pertanyaan atau komentar bernada cibiran terhadap ponsel raksasanya tersebut.

Namun yang pasti, mereka telah mengambil keputusan dan sepertinya sang vendor asal Korea Selatan itu tetap percaya diri dengan pilhannya.

Hal ini bisa dilihat dari materi promosi Galaxy W. Di mana ada model yang dengan santainya menggunakan Galaxy W untuk menelpon. Ya, lewat gambar tersebut, Samsung seraya ingin menegaskan bahwa tak perlu ada keraguan untuk menelpon dengan ponsel ‘segede gaban‘ ini.

Selain itu, kehadiran ponsel berlayar super besar sejatinya sudah dari jauh-jauh hari muncul. Sedikit menengok ke belakang, Samsung juga pernah merilis Galaxy Mega dengan bentang layar 6,3 inch, sedangkan pesaingnya — yakni Sony — juga telah meluncurkan Xperia Z Ultra yang punya luas layar 6,4 inch.

Sehingga bisa jadi, Samsung ingin menciptakan tren baru di pasar dengan merilis ponsel-ponsel yang punya layar super jumbo. Jika sukses, tentu ini akan diikuti oleh vendor lain dan pasar bakal punya ‘mainan’ baru.

“Biasanya kita menunggu pemain-pemain besar seperti Samsung. Biarkan mereka yang membuka jalan, kalau mereka sukses, baru kita ikuti,” bisik seorang petinggi vendor merek lokal saat berbincang detikINET.

Galaxy W sendiri bisa dibilang sebagai smartphone Android terbesar di dunia dengan layar 7 inch dan dibekali resolusi 1280 x 720 pixel.

Perangkat ini ditunjang dengan prosesor quad core 1,2 GHz, RAM 1,5GB, storage internal 16GB, support microSD, kamera belakang 8 megapixel, kamera depan 2 megapixel, support LTE A dan baterai 3.200 mAh.

Sayangnya sistem operasinya masih Android 4.3 Jelly Bean, belum KitKat. Dilansir BGR, Selasa (4/6/2014), disertakan fitur seperti split screen dan multi window seperti yang terdapat di Galaxy Note.

Galaxy W dijual pertama kali di Korea Selatan dengan harga USD 490 atau di kisaran Rp 5 jutaan. Belum ada informasi apakah ponsel super jumbo ini akan dijual juga di negara-negara lainnya.

Dikutip dari DetikInet 3 Juni 2014

(http://inet.detik.com/read/2014/06/03/150447/2598493/317/2/halo-halo-pakai-ponsel-segede-gaban-apa-nyaman)

Analisa Saya :

Semakin lama pasar smartphone menciptakan ide untuk terus mengembangkan smartphone layar besar.

Dengan dirilisnya Samsung Galaxy W sebesar 7 inci ini menjadikan smartphone terbesar di dunia, hal ini dengan didukung spesifikasi yang sangat baik.

Menurut saya untuk halo-halo tampak kurang etis karena besarnya smartphone. Lebih baik menggunakan earphone agar semakin nyaman.

Pendapat dari seorang petinggi vendor merek lokal :

“Biasanya kita menunggu pemain-pemain besar seperti Samsung. Biarkan mereka yang membuka jalan, kalau mereka sukses, baru kita ikuti,” bisik seorang petinggi vendor merek lokal saat berbincang detikINET.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s