Giliran Windows 8 Dituding Memata-matai China (Tulisan 12)

Kasus :

Jakarta – China adalah negara yang dikenal dengan sistem sensor internet dan teknologi yang sangat ketat. Sebisa mungkin, Negeri Tirai Bambu ini akan membatasi cakupan layanan dan bisnis teknologi asing.

Tak heran, China pun kemudian menciptakan versi lokal dari layanan internet dan sosial media populer seperti Youku, Weibo, Alibaba dan lain-lain. Kini, China membidik Windows 8 sebagai sasaran baru mereka.

Seperti dikutip dari Ubergizmo, Sabtu (7/6/2014), China mengumumkan akan melarang instalasi Windows 8 pada komputer yang digunakan di pemerintahan. Alasannya, tentu saja demi keamanan.

Diklaim China, instalasi Windows 8 akan berisiko mengancam keamanan nasional. Sebelumnya, mereka juga pernah menyatakan bahwa upgrade OS milik Microsoft tersebut terlalu mahal.

Isu keamanan berupaya diperkuat dengan pendapat sejumlah akademisi dan ahli setempat. Menurut salah satu akademisi Ni Guangnam, dia yakin bahwa Windows 8 digunakan sebagai cara Amerika Serikat (AS) memonitor aktivitas China.

“Identitas Anda, akun, buku kontak, nomor ponsel, semua informasi ini dapat dikumpulkan menjadi analisa data yang besar,” ujarnya.

“AS punya hukum yang mengharuskan setiap orang punya data-data ini untuk dilaporkan ke pemerintah. Data ini mungkin adalah cara yang bagus bagi AS memonitor negara lain,” sebutnya lagi.

Akademisi lain Yang Min dari Fudan University menjelaskan, bukan tanpa alasan China mengeluarkan tudingan demikian. Pasalnya, Microsoft tidak akan membagi source code Windows 8 kepada pemerintah China.

Dia juga menyatakan, keamanan Windows 8 dirancang untuk memungkinkan Microsoft memiliki akses lebih baik ke database pengguna. Artinya, ini menjadi ancaman keamanan cyber bagi China.

Baru-baru ini, China juga menurunkan opini bahwa perusahaan teknologi asal AS seperti Google dan Apple harus mendapat hukuman berat. Pasalnya, mereka dituding turut aktif terlibat dalam memata-matai China dan mencuri informasi rahasia.

Dikutip dari DetikInet 7 Juni 2014

(http://inet.detik.com/read/2014/06/07/053831/2601933/398/2/giliran-windows-8-dituding-memata-matai-china)

Analisis Saya :

Sebagai negara yang besar, sudah seharusnya China untuk melindungi diri dari hal-hal asing.

Seperti pada kasus diatas, China memikirkan untuk membuat semacam Windows 8 agar sistem keamanan lebih bisa dikendalikan.

Menurut saya ini memang hal yang bagus untuk meminimalisir berbagai tindak-tindak yang tidak diinginkan.

Sisi positifnya konten lokal jadi lebih berkembang.

Pendapat dari Ni Guangnam, akademisi dan ahli setempat :

“Identitas Anda, akun, buku kontak, nomor ponsel, semua informasi ini dapat dikumpulkan menjadi analisa data yang besar,” ujarnya.

“AS punya hukum yang mengharuskan setiap orang punya data-data ini untuk dilaporkan ke pemerintah. Data ini mungkin adalah cara yang bagus bagi AS memonitor negara lain,” sebutnya lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s