Seberapa Penting Ukuran Megapixel di Kamera Ponsel ? (Tulisan 9)

Kasus :

Jakarta – Belakangan, beberapa vendor menawarkan ponsel dengan fitur kamera canggih dan resolusi megapixel tinggi. Sebenarnya, seberapa penting ukuran megapixel di kamera ponsel?

“Pixel adalah semacam satuan untuk membentuk foto. Namun megapixel bukanlah satu-satunya penentu kualitas foto,” tutur Enche Tjin, fotografer profesional dalam acara Ngopi Bareng detikINET, Selasa (29/4/2014) di Demang Cafe, Sarinah, Jakarta.

Enche menyatakan ukuran megapixel memang seksi untuk bahasa marketing. Namun pada kenyataannya, di samping megapixel, ada faktor lain yang menentukan kualitas foto.

“Misalnya kualitas lensa harus bagus. Kemudian bukaannya lebar sehingga bisa menyerap cahaya lebih banyak,” kata Enche.

Dikatakannya, untuk pemakaian sehari-hari, tidak diperlukan ukuran megapixel yang terlalu tinggi. Kalau untuk sekadar mengganti profil picture di BBM atau posting di Facebook, kamera resolusi biasa juga sudah cukup.

“Kecuali untuk dicetak ukuran besar memang perlu megapixel besar. Tapi untuk posting di Facebook dua megapixel lumayan cukup,” kata Enche memberikan contoh.

Dikutip dari DetikInet 29 April 2014

(http://inet.detik.com/read/2014/04/29/204257/2569220/1169/seberapa-penting-ukuran-megapixel-di-kamera-ponsel)

Analisis Saya :

Untuk saat ini salah satu daya tarik pikat pada ponsel adalah ukuran kamera, semakin besar ukuran resolusi kamera maka akan semakin bagus foto yang dihasilkan. Maka dari itu sebelum memilih ponsel yang akan dibeli, biasanya konsumen mempertimbangkan hal yang satu ini.

Memang sebuah ponsel tak bisa lepas dari fungsi kamera, setiap pergi kemana selalu ada saja hal yang ingin difoto. Untuk hasil yang bagus gunakanlah kamera dengan format pixel yang paling besar. Untuk hasil yang bisa dibilang lumayan, aturlah pada rentang 1-3 megapixel.

Semakin besar pixel kamera, maka akan menghasilkan foto yang besar pula. Saran saya siapkan data tambahan berupa MicroSD pada ponsel agar hasil foto dapat ditampung lebih banyak.

Jadi apakah penting ukuran megapixel, dikembalikan kepada pengguna. Mau dengan foto kamera dengan megapixel tinggi, sedang atau besar.

 

Pendapat dari Enche Tjin, fotografer profesional:

“Pixel adalah semacam satuan untuk membentuk foto. Namun megapixel bukanlah satu-satunya penentu kualitas foto,”

“Misalnya kualitas lensa harus bagus. Kemudian bukaannya lebar sehingga bisa menyerap cahaya lebih banyak,”

“Kecuali untuk dicetak ukuran besar memang perlu megapixel besar. Tapi untuk posting di Facebook dua megapixel lumayan cukup,” kata Enche memberikan contoh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s