Populer Mana, Android atau iOS? (Tulisan 10)

Kasus :

Jakarta – Sistem operasi Android kembali membuktikan sebagai platform yang popularitasnya konsisten hingga tahun ini. Setidaknya, di negara asalnya, Amerika Serikat, Android yang didukung deretan vendor ponsel besar mampu menguasai pasar sebesar 57,6%

Menurut data yang diperoleh dari riset Kantar Worldpanel Comtech, OS besutan Google itu sukses naik hingga 8,3% dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Angka yang signifikan bila melihat pesaing terdekatnya, Apple iOS, yang turun 7,8% di sepanjang periode Januari sampai Maret 2014.

Perangkat berbasis iOS hanya mampu menguasai pasar tidak lebih dari 35,9% turun dibandingkan capaian 43,7% pada kuartal sebelumnya, seperti yang dikutip detikINET dari Ubergizmo, Senin (28/4/2014).

Tidak cuma di Amerika Serikat saja, penurunan iOS dan kenaikan Android terjadi di sejumlah negara besar. Misalnya saja di Jerman yang mana market share Android mencapai 77% atau naik 3,4% dibandingkan kuartal sebelumnya.

Sementara iOS harus puas mendapatkan market share 15,3%. Angka tersebut turun sebanyak 1,6% dibandingkan triwulan sebelumnya.

Namun situasi sebaliknya terjadi di Inggris di mana terjadi kenaikan pasar iOS dan penurunan Android. Namun memang Android masih menguasai pasar di sana dengan jumlah 56,2% sementara iOS hanya 32,1%.

Dikutip dari DetikInet 28 April 2014

(http://inet.detik.com/read/2014/04/28/124806/2567361/317/populer-mana-android-atau-ios)

Analisis Saya :

Sistem operasi paling populer saat ini yakni, Android dan iOS. Tetapi mana yang paling populer ?

Dijelaskan diatas bahwa sebagian besar negara di dunia, market share terbesar dipegang oleh Android dibandingkan iOS. Menurut saya karena Android adalah sistem operasi yang berbasiskan pada perangkat lunak sumber terbuka, dengan artian siapa saja bisa membuat aplikasi secara terbuka dan diunggah ke Play Store. Sedangkan iOS merupakan sistem operasi buatan Apple yang pembuatan aplikasinya hanya dari pihak internal saja (setau saya).

Untuk harga bisa dikatakan jauh berbeda. Android masuk ke semua level tingkatan dari low, middle hingga high. Untuk iOS hanya level High dan Middle. Padahal menurut saya pengguna menginginkan harga tidak terlalu mahal untuk menggunakan sebuah smartphone.

Jadi Androidlah yang lebih populer dibandingkan dengan iOS. Peningkatan layanan perlu terhadap Android dan iOS, agar pengguna tidak merasa khawatir.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s