Mau Istirahat Berkualitas? Stop Tidur Bareng Ponsel (Tulisan 8)

Kasus :

Jakarta – Seakan tak puas menemani aktivitas sehari-hari, penggunaan ponsel juga sering bablas sampai dibawa ke tempat tidur. Sebuah survei menyebutkan bahwa sebagian besar pengguna ponsel selalu membawa ponsel miliknya menemani tidur.

Sebuah survei yang dilakukan oleh Big Brand Beds, perusahaan asal Inggris, mengungkapkan bahwa 95% pengguna ponsel kerap membawa ponsel miliknya ke tempat tidur. Sekadar mengakses Facebook, Twitter, Path, mengobrol dengan teman via WhatsApp ataupun bermain game.

Adapun rentang umur yang melakukan itu didominasi oleh usia 18-29 tahun. Dari presentase 95% tersebut, bahkan seperti detikINET kutip Ubergizmo, Selasa (29/4/2014), 50% di antaranya rela terbangun pada dini hari hanya untuk mengecek notifikasi yang masuk pada ponselnya.

Selain itu, 63% koresponden juga mengaku menjalani tidur yang tak nyaman. Meski tidak dijelaskan, selain tingkat stress ataupun konsumsi kafein berlebih, penggunaan ponsel sebelum tidur mulai disebut-sebut sebagai faktor yang mengakibatkan hal tersebut.

Tak dapat dipungkiri, hasil survei tersebut memang bisa dibilang mewakili aktivitas harian pengguna ponsel saat ini. Fungsi ponsel yang tak lagi sekadar untuk menelepon dan berkirim SMS, dengan sendirinya memang telah membuat penggunanya melakukan ‘ritual malam’ tersebut yang berujung menurunnya kualitas tidur.

Dikutip dari DetikInet 29 April 2014

(http://inet.detik.com/read/2014/04/29/074939/2568244/398/mau-istirahat-berkualitas-stop-tidur-bareng-ponsel)

Analisis Saya :

Memang tak bisa dipungkiri, keseharian kita menggunakan ponsel dimana saja kita berada. Mulai di jalan, menunggu kendaraan bahkan sampai ponsel dibawa menemani kita untuk tidur.

Biasanya pengguna ponsel sebelum tidur, mengecek dahulu ponselnya sekedar melihat status, membalas pesan. Jika penggunanya ketiduran, berbahaya buat ponsel dan pengguna. Untuk ponsel maka jika dibiarkan koneksi internet akan selalu menyala mengakibatkan borosnya data, sedangkan untuk pengguna bisa menurunkan kualitas tidur.

Disarankan letakkan ponsel agak jauh dari tempat tidur kita, misalkan ditaruh di atas lemari. Jangan biarkan ponsel dekat dengan kita, karena radiasi dari ponsel. Gunakanlah ponsel seefektif mungkin.

Sebuah survei yang dilakukan oleh Big Brand Beds :

mengungkapkan bahwa 95% pengguna ponsel kerap membawa ponsel miliknya ke tempat tidur. Sekadar mengakses Facebook, Twitter, Path, mengobrol dengan teman via WhatsApp ataupun bermain game.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s