Malware Baru Dibuat untuk Menyerang Android (Tulisan 1)

Kasus :

Jakarta – Pertumbuhan mobile device berbasis Android berbanding lurus dengan serangan malware yang menyerang ke perangkat tersebut. Demikian hasil temuan dari perusahaan keamanan F-Secure.

Menurut F-Secure, sepanjang kuartal pertama tahun 2014 ini ditemukan setidaknya 277 keluarga baru dari malware mobile. Dan sebanyak 275 di antaranya memang didedikasikan untuk menyerang Android.

Lalu sisa dua varian malware tersebut, satu dibuat untuk menyerang iOS dan satu lagi dihadirkan bagi sistem operasi Symbian.

Seperti dikutip detikINET dari Softpedia, Rabu (30/4/2014), sebagian besar malware itu memang disisipi virus Trojan. Pengguna Android yang terinfeksi akan mengirimkan SMS Trojan untuk mengirimkan teks ke pesan premium.

Hal serupa juga ditemukan oleh Kaspersky, bahkan perusahaan anti keamanan itu mengklaim bahwa 99,9% malware baru di sepanjang kuartal pertama dibuat untuk menyerang Android.

Para peneliti di Kaspersky memperlihatkan bahwa jumlah malware untuk Android membengkak, bahkan jumlah malware di triwulan pertama itu setengah dari jumlah selama tahun 2012.

Dikutip dari DetikInet 30 April 2014

(http://inet.detik.com/read/2014/04/30/190444/2570430/323/malware-baru-dibuat-untuk-menyerang-android?i992202105)

Analisis Saya :

Dalam perkembangan android yang terus menerus melambung, pastinya ada saja serangan malware. Sebab android saat ini, memiliki popularitas yang tinggi. Dengan atau tanpa kita sadari, malware terus menginfeksi device android kita.

Oleh karena itu, perlu kesadaran dari pengguna android untuk memiliki aplikasi anti virus yang lengkap dalam mendeteksi suatu masalah. Setelah memasang aplikasinya, saya harapkan kepada pengguna untuk terus memindai malware setiap hari, jika tidak sempat seminggu sekali juga tidak apa-apa.

Untuk kedepannya, saat menjalankan koneksi internet perlu kehati-hatian agar kita tidak salah dalam mengklik suatu bacaan. Bisa saja itu merupakan malware yang tersembunyi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s