Contoh Tulisan Ilmiah Populer mengenai Pendistribusian Naskah UN

Sidoarjo – Sebanyak 10.694 naskah Ujian Nasional (UN) SMP/MTs se Jatim mulai didistribusikan hari ini. Ribuan naskah UN itu didistribusikan ke 38 kabupaten dan kotamadya di Jatim, dari percetakan PT Jasindo Gedangan Sidoarjo.

Pengiriman naskan UN SMP dan MTs tersebut rencananya dilakukan selama 2 hari. Distribusi awal yang diberangkatkan terlebih dulu yakni daerah Tulungagung dan Kota Jember.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Harun, bahwa hari ini pihaknya mendistribusikan naskah UN sebanyak 21 truk ke 21 kabupaten.

“Pelaksanaan pendistribusikan naskah UN dilakukan 2 hari. Rencananya hari ini mengirimkan 21 truk ke 21 kabupaten dan besuk ada 17 truk mengirim ke 17 kabupaten,” kata Harun kepada di sela-sela pemberangkatan kendaraan yang membawa naskah UN, Selasa (29/4/2014).

Harun menambahkan sesampainya di tempat kabupaten yang dituju, naskah UN akan disimpan di mapolres setempat untuk diamankan.

Dikutip dari website DetikNews Edisi Selasa, 29 April 2014

(http://news.detik.com/surabaya/read/2014/04/29/114509/2568486/475/10694-naskah-un-smp-mts-didistribusikan-ke-38-kabupaten-di-jatim)

Menurut saya, tulisan ilmiah diatas adalah salah satu dari contoh tulisan ilmiah populer. Dikarenakan telah memenuhi ciri-ciri dari Tulisan Ilmiah Populer. Berikut akan saya jelaskan ciri-cirinya beserta penjelasannya :

  • Sasarannya adalah masyarakat umum/awam.

Dalam tulisan diatas, sasaran dari pembaca tidak hanya dari kalangan pendidikan saja. Tetapi kepada masyarakat umum atau awam pun bisa membacanya. Masyarkat umum harus tahu agar tidak terjadi kesalahan dalam proses pengiriman.

  • Kata-katanya sederhana, mudah diidentifikasi dan dipahami.

Kata-kata yang digunakan oleh penulis adalah kata-kata yang sederhana dan mudah dipahami oleh pembaca.

  • Tidak memuat Hipotesis.

Tulisan diatas tidak ada hipotesis karena berita yang telah disampaikan adalah berita benar dan fakta sesuai kejadian.

  •  Isi dan Judul harus informatif dan mudah ditangkap maksudnya.

Judul dari tulisan diatas sangat mudah dipahami, karena tidak ada kata-kata yang sulit untuk dimengerti. Antara judul dengan isi, pemahaman informasi yang diberikan mudah ditangkap.

Analisis Saya : Sebagai seorang mahasiswa yang dahulu sudah melakukan UN, agar pendistribusian soal-soal UN agar dilakukan dengan baik. Dalam hal ini pada proses pengiriman dari percetakan ke masing-masing tujuan tempat diletakkannya naskah soal UN. Untuk siswa, belajarlah dengan rajin, tekun dan berdoa agar nilai yang diraih lebih maksimal. Jangan mudah percaya dengan kunci jawaban yang belum tentu benar jawabannya, percaya kepada diri sendiri lebih baik. Untuk siswa SMP/MTs se-Indonesia semangat untuk melakukan UN di tahun 2014 ini, kalian pasti bisa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s