Kualitas mengenai Karya Tulis Ilmiah

Tugas 2 softskill mata kuliah ‘Bahasa Indonesia 2’ berikut ini akan jelaskan mengenai ‘Kualitas mengenai Karya Tulis Ilmiah’. Berikut adalah kedua soal yang akan jelaskan.

Untuk pertanyaan pertama mengenai “Topik yang menarik”. Dalam karya tulis ilmiah, topik akan sangat menentukan kepada pembaca. Jika suatu topik dibuat asal, maka sudah tentu kualitas karya tulis ilmiah itu diragukan kebenarannya. Apalagi jika bahasa yang digunakan untuk menentukan topik salah dan tidak sesuai dengan kaidah bahasa, maka sama saja suatu karya tulis ilmiah tidak bisa dikatakan sebagai karya tulis ilmiah.

Untuk membuat suatu karya ilmiah maka diperlukan suatu topik yang menarik agar karya tulis ilmiah tersebut dapat dipahami kepada pembaca. Untuk itu hal yang perlu diperhatikan salah satunya Judul, suatu judul yang akan dibuat perlu dipikirkan dengan baik agar judul tersebut menarik dan dengan judul yang menarik, otomatis pembaca tertarik untuk membaca karya tulis ilmiah.

Pemilihan kata untuk suatu topik yang menarik itu sangat penting, diusahakan carilah kata-kata yang bisa mengartikan dari karya tulis ilmiah.

Untuk pertanyaan kedua mengenai “Mudah dipahami oleh pembaca”. Dalam karya tulis ilmiah mudah dipahami itu hal yang perlu diperhatikan, agar karya tersebut semakin menarik untuk dibaca karena jika tidak mudah dipahami maka pembaca tentunya akan kesulitan dalam membaca karya tulis ilmiah tersebut.

Pilihlah kata-kata yang menurut penulis bisa dipahami oleh pembaca disesuaikan dengan topik yang dipilih, lalu dirangkai menjadi kalimat-kalimat yang dengan sekali baca saja, pembaca sudah mengerti.

Kadang ada pembaca yang paham jika penulis memberikan suatu gambar untuk menerangkan yang dimaksud. Jangan lupa juga untuk memberi keterangan dari gambar tersebut.

Demikian tugas ke 2 mengenai ‘Kualitas mengenai Karya Tulis Ilmiah’

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s