Penjelasan Penggunaan Bahasa Indonesia dan Fungsi Bahasa sebagai Alat Komunikasi dengan contoh

Tugas Softskill semester 6 bagian pertama ini yakni “Penggunaan Bahasa Indonesia secara baik dan benar juga Bahasa sebagai alat komunikasi”.

Untuk pertanyaan pertama yakni “Jelaskan dengan contoh Penggunaan Bahasa Indonesia secara baik dan benar”. Dalam penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar itu mengikuti tata aturan berbahasa maksudnya setiap penggunaan kalimat yang ingin dituliskan atau diucapkan harus sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku.
Contohnya Bro lagi di mana? Kalimat tersebut memang benar yakni sedang menanyakan keberadaan seseorang, tetapi belum baik jika diucapkan kepada orang yang lebih dihormati. Kalimat tersebut lebih tepatnya ditujukan kepada teman sebaya kita. Kalimat yang tepat jika ditujukan kepada yang lebih dihormati yaitu Bapak atau Ibu sedang berada di mana ? Kalimat tersebut menurut saya sudah baik dan benar karena kata-kata yang digunakan sudah sesuai dengan kalimat tersebut ditujukan kepada yang lebih dihormati.

Lalu untuk pertanyaan kedua yakni “Berikanlah contoh fungsi bahasa sebagai alat komunikasi”. Bahasa memang pada dasarnya sebagai alat komunikasi antara seseorang dengan orang lainnya, oleh karena itu dalam penyampaian bahasa pergunakanlah kalimat yang mudah dimengerti oleh lawan bicara kita.
Contoh dari fungsi bahasa sebagai alat komunikasi yakni jika kita ingin menyampaikan informasi tertentu, ya langsung saja kita ucapkan kalimat yang baik dan benar jangan sampai kalimat tersebut tidak dimengerti lawan bicara. Misalnya dua orang yang berbeda bahasa, si A menggunakan Bahasa Indonesia dan si B menggunakan bahasa jawa. A berbicara kepada B “Bu beli bawang satu kilo”. Si B menjawab “Brambang bu”. Si A menjawab “Bukan brambang bu tapi bawang”.
Dari percakapan tersebut sudah jelas si B mengerti apa yang diucapkan si A karena arti dari Brambang itu Bawang, tetapi si A tidak mengerti arti dari brambang. Untuk itu perlunya alat komunikasi yang sama agar tidak terjadi salah komunikasi. Jadi sebaiknya si B mengunakan bahasa Indonesia agar si A mengerti.

Kesimpulannya jika antara penanya dan penjawab sudah sama-sama menggunakan bahasa yang sama maka alat komunikasi menjadi mudah. Jika berbeda maka akan susah dimengerti oleh yang lain.

Demikianlah tugas pertama ini mengenai Bahasa Indonesia yang baik dan benar juga bahasa sebagai alat komunikasi. Bila ada kata-kata yang salah mohon dimaafkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s