Bahasa

BAHASA

Secara logika bahasa yakni merupakan pengucapan, berbicara, kata-kata, dan sebagainya. Dalam Wikipedia, Bahasa adalah kapasitas khusus yang ada pada manusia untuk memperoleh dan menggunakan sistem komunikasi yang kompleks, dan sebuah bahasa adalah contoh spesifik dari sistem tersebut. Kajian ilmiah terhadap bahasa disebut dengan linguistik.

Jumlah perkiraan bahasa di dunia yakni 6000 hingga 7000, perkiraan tepatnya tergantung dari perbedaan pada bahasa dan dialek. Bahasa pada manusia unik, karena dalam pembelajaran bahasa itu sendiri manusia melewati fase mulai dari balita, anak-anak, remaja dan dewasa. Semakin dewasa perbendaharaan bahasa seorang manusia semakin banyak. Jadi untuk lebih mengenal bahasa yang digunakan, sebaiknya rutin berbahasa yang baik dan benar.

Sebagai objek kajian linguistik, “bahasa” memiliki 2 arti dasar: sebagai sebuah konsep abstrak dan sebagai sebuah sistem linguistik yang spesifik. Bahasa Indonesia adalah contoh dari makna bahasa sebagai sebuah sistem linguistik yang spesifik. Ferdinand de Saussure, seorang linguis asal Swiss, adalah orang pertama yang merumuskan perbedaan kata dalam bahasa Prancis langage dalam arti bahasa sebagai sebuah konsep, langue dalam arti bahasa sebagai sistem linguistik yang spesifik, dan parole dalam arti bahasa sebagai penggunaan konkret bahasa tertentu sebagai tuturan.

Bila berbicara mengenai bahasa sebagai konsep umum, definisi-definisi dapat digunakan yang menekankan aspek yang berbeda dari fenomena tersebut. Definisi tersebut juga memerlukan pendekatan dan pemahaman berbeda tentang bahasa, dan mereka memberikan kajian teori linguistik yang berbeda dan terkadang bertentangan.

Kesimpulan menurut saya, bahasa merupakan komunikasi yang dilakukan pada manusia, bahasa yang baik adalah bahasa yang dituturkan sesuai kaedah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Oleh karena itu alangkah baiknya jika bertutur kata sesuai dengan kamus tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s