Pentingnya Komunikasi Dalam Suatu Organisasi Perusahaan

Contoh Rapat Di Dalam OrganisasiPENTINGYA KOMUNIKASI DALAM SUATU ORGANISASI PERUSAHAAN

Berjumpa lagi dengan tugas Softskill selanjutnya, yakni Mata Kuliah Teori Organisasi Umum dengan judul ” Pentingnya Komunikasi Dalam Organisasi Perusahaan. Untuk lebih jelasnya mari ikuti pembahasan berikut ini.

Apa itu Komunikasi ? Menurut saya Komunikasi adalah suatu cara penyampaian bahasa yang baik dengan berbicara (verbal), isyarat tangan, juga sarana penyampaian yang lainnya yang bisa digunakan untuk melakukan suatu tindakan tertentu.

DEFINISI DAN TUJUAN KOMUNIKASI

Beberapa definisi yang dikemukakan oleh ahli komunikasi :

1.    Louis Forsdale (1981), seorang ahli komunikasi dan pendidikan, mengungkapkan “communication is the process by which system is established, maintained, and altered by menans of shared signals that operate according to rules”. Komunikasi diartikan sebagai suatu proses memberikan signal menurut aturan tertentu, sehingga dengan cara ini suatu sistem dapat didirikan, dipelihara dan diubah.

2.    Gatewood and Taylor (1996) mendefinisikan komunikasi sebagai suatu proses memindahkan informasi dan pengertian (maksud) dari satu orang kepada orang lain.

3.    Stoner, Freeman dan Gilbert (1996) mengartikan komunikasi sebagai suatu proses yang dipergunakan oleh manusia untuk mencari kesamaan arti lewat transmisi pesan simbolik.

4.    Newman dan Summer (1961) mengartikan komunikasi sebagai proses pertukaran fakta, ide, opini atau emosi melalui kata-kata, surat-surat, simbol-simbol atau pesan.

BEBERAPA ALASAN PENTINGYA KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI PERUSAHAAN

a.    Komunikasi mendatangkan efektifitas yang lebih besar

b.    Komunikasi menempatkan orang-orang pada tempat yang seharusnya.

c.    Komunikasi membawa orang-orang untuk terlibat dalam organisasi dan meningkatkan motivasi untuk melibatkan kinerja yang baik, dan meningkatkan komitmen terhadap organisasi.

d.    Komunikasi menghasilkan hubungan dan pengertian yang lebih baik antara bawahan, kolega, dan orang-orang di dalam organisasi dan di luar organisasi.

e.    Komunikasi menolong orang-orang untuk mengerti perlunya perubahan.

f.    Komunikasi meminimalkan permasalahan-permasalahan di dalam keorganisasian seperti konflik, stress, demotifasi dan loyalitas.

BENTUK-BENTUK KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI PERUSAHAAN

Komunikasi pada dasarnya dapat dikelompokkan dalam bentuk-bentuk sebagai berikut.

Komunikasi Lisan dan Tertulis

Jenis komunikasi ini paling banyak di praktekkan sehari-hari khususnya dalam komunikasi antar pribadi. Pemilihan bentuk komunikasi lisan atau tertulis dipengaruhi oleh faktor-faktor waktu, kecepatan, biaya, perferensi pribadi, keterampilan individu dalam berkomunikasi, fasilitas yang tersedia untuk berkomunikasi. Komunikasi lisan atau tertulis memiliki keuntungan dan kerugian, seperti kalau tertulis keuntungannya pesan dapat disimpan, tetapi kerugiannya memakan waktu jika dibandingkan dengan komunikasi lisan.

Komunikasi Verbal dan Non Verbal

Komunikasi verbal yaitu komunikasi melalui kata-kata baik lisan atau tertulis. Komunikasi non verbal adalah komunikasi yang menggunakan bahasa badan atau tubuh, seperti gerakan tangan, jari, mata, kepala dan lain-lain. Alasan penggunaan jenis komunikasi ini biasanya berkaitan dengan masalah waktu dan situasi saat komunikasi terjadi.

Kesulitan utama dalam komunikasi verbal dengan menggunakan kata-kata adalah karena kita mencoba berbicara tentang dunia yang sangat rumit sedangkan jumlah kata-kata yang digunakan terbatas.

Jenis alat bantu visual kedua dalam komunikasi verbal adalah tulisan atau gambar. Sedangkan dalam komunikasi non verbal, bagian terpenting adalah menyangkut penggunaan bahasa tubuh (body language), yang artinya orang-orang mengkomunikasikan arti kepada orang lain dengan tubuh mereka dalam interaksi antar pribadi. Bahasa tubuh merupakan pelengkap yang penting bagi komunikasi non verbal di semua belahan dunia umumnya. Komunikasi non verbal ini memiliki fungsi tertentu dalam proses komunikasi verbal.

Fungsi utama dari komunikasi non verbal adalah :

1.    Sebagai pengulangan
2.    Pelengkap
3.    Pengganti
4.    Memberi penekanan
5.    memperdayakan

BEBERAPA PERNYATAAN YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MEWUJUDKAN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF

1.    Komunikasi harus bersifat manusiawi harus selalu memperhatikan sifat-sifat manusia.

2.    Komunikasi harus diusahakan seharmonis mungkin.

3.    Komunikasi disesuaikan dengan kebiasaan yang berlaku selama ini.

4.    Komunikasi dilakukan melalui jalur kelembagaan yang tersedia dalam organisasi.

5.    Komunikasi disesuaikan dengan iklim atau situasi dan kondisi saat komunikasi berlangsung.

6.    Memanfaatkan teknologi modern guna memperlancar komunikasi.

7.    Memanfaatkan simbol-simbol maupun gerakan-gerakan yang sudah dipahami semua orang.

8.    Komunikasi disesuaikan dengan kondisi si penerima (misal, buta huruf).

9.    Pesan dirumuskan secara ringkas dan jelas.

Demikian tugas tentang ” Pentingnya Komunikasi Di Dalam Suatu Organisasi Perusahaan” yang saya kutip dari sumber di internet, apabila masih ada salah-salah dalam pembuatan tulisan ini mohon dimaafkan.

Sumber :

Gambar www.google.com

http://kumpulan-makalahkita.blogspot.com/2012/04/pentingnya-komunikasi-dalam-organisasi.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s