Lab Internet Dasar (LA)

Selamat berjumpa lagi di blog saya ini, kali ini saya akan mengerjakan Laporan Akhir dari Laboratorium Internet Dasar. Adapun soal-soalnya sebagai berikut :

1. Jelaskan tentang arsitektur Search Engine !

  • Spider
    Spider adalah program yang dimiliki oleh search engine yang bekerja untuk mengambil halaman-halaman yang ditemukannya, hampir mirip dengan browser. Perbedaannya adalah jika Spider tidak kelihatan karena ditujukan kepada mesin yang langsung disimpan pada database mereka, sedangkan browser ditujukan kepada manusia yang langsung menampilkan informasi baik berupa teks, gambar, dan sebagainya.
  • Crawler
    Crawler merupakan program yang dimiliki search engine yang bertugas menelusuri setiap link yang ada di sebuah web site. Tugas Crawler adalah untuk membantu Spider untuk menentukan arah yang akan ditujunya sekaligus mengevaluasi link tersebut.
  • Indexer
    Indexer merupakan salah satu komponen search engine yang bertugas untuk mendeskripsikan suatu halaman web site dan menganalisa berbagai unsur di dalamnya, seperti pada penulisan title, penulisan huruf, keyword-keyword yang ada di konten sehingga dengan demikian akan mengenal web tersebut lebih jauh lagi terutama dalam menganalisa suatu keyword di dalamnya.
  • Database
    Database merupakan komponen search engine yang bertugas sebagai tempat meletakkan data-data sebelumnya yang telah didownload oleh Spider serta sebagai tempat yang tadinya digunakan oleh Indexer dalam menganalisa suatu web.
  • Result Engine
    Result Engine merupakan program yang bertugas menggolongkan suatu web site dan menentukan suatu perangkingan dalam hasil pencarian yang diminta oleh user. Program ini menganalisa siapa yang pantas masuk kriteria utama dalam pencarian suatu keyword yang diminta oleh pengguna. Data yang pertama muncul tentunya data yang telah memenuhi kriteria-kriteria search engine dan kaidah tertentu yang ditentukan oleh search engine.
  • Web Server
    Web Server merupakan komponen terakhir pada seacrh engine yang berfungsi melayani permintaan kepada user yang merupakan umpan balik dari permintaan user tersebut.

2. Sebutkan dan Jelaskan tips dan trik menggunakan fasilitas search pada search engine !

Tips dan triknya ada bermacam-macam, disini hanya beberapa macam saja. Adapun tips dan triknya, yakni :

a. Gunakanlah search engine yang tepat

Banyak sekali search engine yang terdapat banyak iklan, untung saja ada Google dan Yahoo yang merupakan pilihan terpercaya

b. Manfaatkan fitur khusus dari mesin pencari anda

Beberapa mesin pencari tidak saja menyediakan fasilitas untuk pencarian artikel, namun juga file-file multimedia seperti gambar, MP3, dan bahkan rekaman video. Anda dapat mempelajari fitur-fitur khusus pada mesin pencari favorit anda untuk mengeksploitasi penggunaannya secara maksimal.

c. Jangan gunakan kata kunci yang terlalu umum

Bayangkan, seberapa banyak hasil pencarian yang anda peroleh apabila anda hanya memasukkan kata kunci bis dalam mesin pencari. Jelas berbeda dengan apabila anda menggunakan kata kunci berupa bis dari negara, jenis ataupun merk tertentu.

d. Gunakan kata kunci yang spesifik

Kebanyak orang memasukkan kata kunci yang berderet-deret sehingga mengacaukan hasil pencarian itu sendiri. Perhatikan juga kata-kata yang anda tuliskan pada search engine, jangan sampai ada kesalahan satu huruf pun saja. Karena bisa membawa hasil yang tidak diinginkan.

e. Pakai operator Boolean

Kata kunci AND, OR,dan NOT dengan kombinasinya akan sangat membantu menemukan situs-situs yang lebih spesifik. Kata kunci James Watt AND History NOT lamp akan membawa anda ke halaman yang membahas tentang biografi James Watt dan menghindari masuknya halaman tentang lampu  dengan nama yang sama pada hasil pencarian anda.

3. Tuliskan pesan & kesan kalian terhadap Lab Internet Dasar !

Dimulai dari pembagian shift A dan B pada praktikum di Lab Internet Dasar, saya kira digabung semua jadi 1 kelas eh ternyata ada 2 pembagian, dan saya dapat shift B sesuai dengan absen no 29.

Praktikum Lab Internet Dasar ini diadakan di Kampus D Gedung 3 Lt 2 Universitas Gunadarma. Pakaian pun kemeja dan celana bahan untuk laki-lakinya.

Pada pertemuan awal yang membahas Internet, saya mengikuti praktikum ini   dari tutor Akhmad Fauzi,  karena itu penting bisa mengetahui apa itu Internet Dasar. Ada pun Test Pendahuluan yang bisa dicari di internet. Pada saat saya memilih tempat duduk komputernya, ternyata baik di meja ataupun di keyboard penuh dengan coretan yang tidak bermoral. Harusnya aset kampus ya jangan dicoret yo.

Untuk itu perlu adanya kedispinan dari kita juga, dan kalau begitu baiknya diganti dengan yang lebih baik. Untuk pendingin udara waktu pertemuan pertama kurang dingin, hingga terasa agak panas,  juga di tempat saya duduk tidak ada mousenya akhirnya pakai keyboard saja, hitung-hitung latihan tidak pakai mouse.

Oiya pada praktikum ini ada poin + nya, saya pun bisa mendapatkan itu dengan menjawab “Bandwith” pada pertanyaan asal ceplos dapat +30 yang pertanyaannya kalau tak salah Apa itu lebar jarak pada kecepatan 360 kbps ? ya pokoknya tentang Bandwith lah jawabannya. Dan saya pun senang mendapat itu🙂

Pada pertemuan kedua yang membahas search engine dan blog yang diisi oleh tutor Febri Arrum D, disini saya pun menempati tempat duduk yang sama dan sudah ada mousenya. Tak lupa ada test pendahuluan juga, dan pendingin udaranya sudah terasa dingin dan baik.

Tak saya kira ada TTS ( Teka Teki Silang) yang dibagi 4 kelompok masing-masing 5 orang yang jadinya total berjumlah 20 orang. Tiap kelompok hanya satu orang yang diperbolehkan mengangkat satu tangan dan bisa siapa saja yang jawab. Jadi saat tutor membaca sampai kata “adalah” baru boleh mengangkat tangan. Jika sebelum kata itu dikenakan sanksi dis (diskualifikasi).

Pertanyaan pun dimulai, dan akhirnya selesai dengan hasil 2 kelompok mendapat poin +max, 1 kelompok poin +15 dan 1 kelompok +10. Saya termasuk ke kelompok yang mendapat +max.  Dan pulangnya tak lupa mendapat tugas LA ini di blog masing-masing.

Begitulah kiranya yang saya dapat tuliskan mengenai pesan dan kesan selama mengikuti praktikum Lab Internet Dasar ini, apabila ada kata-kata yang menyinggung di dalam tulisan ini mohon dimaafkan sebesarnya dan itu saya tulis berdasarkan kejadian di lab tsb.

Sampai bertemu di tugas blog selanjutnya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s