Ringkasan Ilmu Budaya Dasar

Ringkasan Ilmu Budaya Dasar

Berjumpa lagi dengan saya di semester 2 ini dengan Mata Kuliah baru yakni Ilmu Budaya Dasar. Kali ini saya akan membuat ringkasan mengenai apa itu Ilmu Budaya Dasar.

Menurut saya Ilmu Budaya Dasar adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang dasar budaya-budaya yang ada di Indonesia ini.

Latar belakang ilmu budaya dasar
latar belakang ilmu budaya dasar dalam konteks budaya, negara, dan masyarakat Indonesia berkaitan dengan permasalahan sebagai berikut:

1. Kenyataan bahwa Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa, dan segala keanekaragaman budaya yang tercermin dalam berbagai aspek kebudayaannya, yang biasanya tidak lepas dari ikatan-ikatan (primodial) kesukuan dan kedaerahan.

2. Proses pembangunan dampak positif dan negatif berupa terjadinya perubahan dan pergeseran sistem nilai budaya sehingga dengan sendirinya mental manusiapun terkena pengaruhnya. Akibat lebih jauh dari pembenturan nilai budaya ini akan timbul konflik dalam kehidupan.

3. Kemajuan ilmu pengetahuan dalam teknologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia, menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya, sehingga manusia bingung sendiri terhadap kemajuan yang telah diciptakannya. Hal ini merupakan akibat sifat ambivalen teknologi, yang disamping memiliki segi-segi positifnya, juga memiliki segi negatif akibat dampak negatif teknologi, manusia kini menjadi resah dan gelisah.

Faktor-faktor penghambat proses perubahan kebudayaan :
A.faktor dari dalam masyarakat

– betambah dan berkurangnya penduduk
– penemuan-penemuan baru

– petentangan-pertentangan didalam masyarakat
– terjadinya pemberontakan didalam tubuh masyarakat itu sendiri

B. faktor dari luar masyarakat

– berasal dari lingkungan dan fisik yang ada disekitar manusia
– peperangan dengan negara lain
– pengaruh kebudayaan masyarakat lain

Tujuan Ilmu Budaya Dasar

1. Mengenal lebih dalam dirinya sendiri maupun orang lain yang sebelumnya lebih dikenal luarnya saja
2. Mengenal perilaku diri sendiri maupun orang lain
3. Sebagai bekal penting untuk pergaulan hidup
4. Perlu bersikap luwes dalam pergaulan setelah mendalami jiwa dan perasaan manusia serta mau tahu perilaku manusia
5. Tanggap terhadap hasil budaya manusia secara lebih mendalam sehingga lebih peka terhadap masalah-masalah pemikiran perasaan serta perilaku manusia dan ketentuan yang diciptakannya
6. Memiliki penglihatan yang jelas pemikiran serta yang mendasar serta mampu menghargai budaya yang ada di sekitarnya dan ikut mengembangkan budaya bangsa serta melestarikan budaya nenek moyang leluhur kita yang luhur nilainya
7. Sebagai calon pemimpin bangsa serta ahli dalam disiplin ilmu tidak jatuh kedalam sifat-sifat kedaerahan dan kekotaan sebagai disiplin ilmu yang kaku
8. Sebagai jembatan para saran yang berbeda keahliannya lebih mampu berdialog dan lancar dalam berkomunikasi dalam memperlancar pelaksanaan pembangunan diberbagai bidang mampu memenuhi tuntutan masyarakat yang sedang membangun serta mampu memenuhi tuntutan perguruan tinggi khususnya Dharma pendidikan

Jadi menurut kesimpulan saya bahwa kita harus mempelajari apa itu budaya2 yg ada di Indonesia ini, bisa budaya membatik, budaya wayang dll, agar tetap bisa melestarikan warisan dari nenek moyang zaman dahulu mulai dari anak2 hingga dewasa.

Demikian tugas kali ini walaupun beberapa bagian saya ambil dari blog lain dan tetap mencantumkan blog itu, sampai bertemu tugas selanjutnya.

Sumber : http://www.membuatblog.web.id/2010/02/ilmu-budaya-dasar.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s